Rabu, 05 Oktober 2011

TUJUAN PENCIPTAAN MANUSIA


Tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada penciptanya, yaitu Allah. Pengertian beribadah kepada Allah tidak boleh diartikan secara sempit, dengan membatasi pengertian pada aspek ritual yang tercermin dalam shalat saja. Peribadahan berarti ketundukan manusia pada hukum Allah dalam menjalankan kehidupan di muka bumi ini, baik yang berupa hubungan vertikal  dengan Allah, maupun horizontal dengan sesama manusia dan makhluk Allah lainnya.
Peribadahan manusia kepada Allah lebih mencerminkan kebutuhan manusia terhadap terwujudnya sebuah kehidupan dengan tatanan yang baik dan adil. Oleh karena itu peribadahan harus dilakukan secara sadar dan suka rela, karena Allah sebenarnya tidak membutuhkan peribadahan manusia. Dalam hal ini,  dalam QS. 51 (al-Dzariyat) : 56,
$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbrßç7÷èuÏ9  
Artinya : Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Dalam QS. 98 (al-BAyyinah) : 5 dijelaskan yaitu :
!$tBur (#ÿrâÉDé& žwÎ) (#rßç6÷èuÏ9 ©!$# tûüÅÁÎ=øƒèC ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm (#qßJÉ)ãƒur no4qn=¢Á9$# (#qè?÷sãƒur no4qx.¨9$# 4 y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$#  
Artinya : Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[5], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.

[5] Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.

Peribadahan yang sempurna dari seorang manusia akan menjadikan dirinya sebagai khalifah Allah yang amanah di muka bumi dalam mengelola kehidupan alam semesta. Keseimbangan alam dapat terjaga dengan hukum-hukum alam yang kokoh. Keseimbangan pada kehidupan manusia dapat terjaga dengan tegaknya hukum-hukum kemanusiaan yang Allah tetapkan. Kekacauan kehidupan manusia tidak sekedar akan menghancurkan tatanan kehidupan manusia sendiri, tetapi juga dapat menghancurkan bagian-bagian alam semesta yang lain, yang bermuara pada kesulitan hidup manusia juga. Inilah tujuan penciptaan manusia ditengah-tengah alam semesta.

1 komentar:

  1. Selain jawaban agama, adakah jawaban lain untuk tujuan hidup manusia?

    Biar tidak terlalu serius, sila simak tujuan penciptaan manusia dari sudut lain:

    Tujuan Penciptaan Manusia

    BalasHapus