Rabu, 12 Oktober 2011



KESENIAN

Seni adalah suatu ungkapan (ekspresi) jiwa yang halus, indah dan lembut, sehingga dapat menimbulkan suasana yang tentram dan sejuk. Oleh sebab itu maka seni dimiliki oleh setiap manusia yang normal. Seni di dalam agama Islam mendapatkan tempat yang istimewa. Hampir seluruh aspek ajaran Islam mengandung unsur seni. Tetapi seni di dalam Islam harus lebih diarahkan kepada hal yang positif, menimbulkan budi pekerti, sopan santun yang lemah lembut, tidak mengarahkan kepada hal yang negative, seperti menimbulkan rangsangan syahwat dan kemungkaran.
Sebenarnya ahampir pada seluruh aspek, manusia itu mengandung seni. Memang manusia merupakan makhluk yang berjiwa seni, seperti pakaian, tutur kata, kendaraan, perumahan, alat-alat rumah tangga, alat tulis, dan lain sebagainya. Hampir dalam seluruh aspek kehidupan manusia terdapat unsur seni alam arti keindahan dan kehalusan. Hal itu menunjukkan bahwa Islam menghendaki hal-hal yang baik-baik atau indah-indah, sehingga memberikan motivasi atau kegairahan dalam kehidupan. Tujuannya adalah untuk mencapai suasana yang tentram, indah, dan damai, bahagia dalam kehidupan di dunia sampai keindahan dan kebahagiaan di akhirat (surga).
Karya-karya seni bagi kaum muslimin dapat ditunjukkan dengan bentuk bangunan yang indah, misalnya istana raja, masjid-masjid, menara, kubah, dan lain-lain. Ada yang mewujudkan dengan seni lukis, seperti lukisan keindahan alam, kaligrafi, bentuk-bentuk lukisan indah, dan gambar-gambar. Ada yang berbentuk seni suara qasidah, keroncong, tilawah Al Qur’an, dan ada pula yang berbentuk seni tari, seni rebana, dan seni musik.
Adapun karya seni kaum muslim yang terlalu dikenang sampai sekarang, antara lain adalah :
1.     Masjid Rafa’I di Mesir, menaranya setinggi 84 meter, dengan ukuran panjang 345 meter, lebar 327 meter.
2.     Masjid Jami’ Ahmad Ibnu Thaulan (878 M-879 M)
3.     Mihrab Masjid, dekorasi atau hiasan dinding masjid serta ukiran-ukiran pada dinding masjid di Bursa Turki.
4.     Kathedral Aya Sophia di Istambul yang pada tahun 1453 M di ubah menjadi masjid dengan empat menara yang menjulang tinggi oleh Sultan Muhammad II.
5.     Istana Alhambra di Granada Andalusia yang dihiasi dengan air mancur dan pertamanan yang indah.
6.     Makam Taj Mahal di India yang di bangun oleh Raja Syah Jehan, yang didirikan pada tahun 1630 M – 1648 M.
Semua bangunan tersebut merupakan karya seni umat Islam dengan dihiasi ilmu ukur bidang, tanam-tanaman, kaligrafi, dan ayat-ayat Al Qur’an dengan huruf khat yang bagus. Hal itu merupakan pencerminan dari adanya ekspresi estetika (seni) umat Islam dalam mengabdi kepada Allah SWT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar