Rabu, 12 Oktober 2011


ETOS KERJA ISLAMI

Etos kerja adalah totalitas kepribadian diri dan cara mengekspresikan, memandang, meyakini, dan memberikan makna tentang sesuatu pekerjaan yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal (Toto Tasmara, 2002 : 20). Etos kerja juga berarti percaya, tekun, dan senang pada pekerjaan yang sedang dihadapi dan tidak memandang apakah pekerjaan itu sebagai buruh kasar atau memimpin suatu perusahaan besar (M. Yunan Nasution, 1996 : 147). Etos kerja mencerminkan nilai kerohanian yang membentuk kepribadian dan terekspresikan melalui sikap dan prilaku produktif. Bagi umat Islam, sifat etos kerjanya adalah etos kerja Islami, yang dilandasi oleh ajaran Al Qur’an dan Hadits.
Al Qur’an menjelaskan, bahwa umat Islam adalah umat yang terbaik, yang Allah ciptakan di muka bumi ini, karena melakukan amar ma’ru dan nahi munkar, serta beriman kepada Allah. Demikian penegasan Allah dalam QS. 3 (Ali Imran) : 110.
Nilai kebaikan umat Islam tersebut dapat terealisasi apabila keimanannya menghasilkan amal shalih. Oleh karena itu Allah akan menilai, siapa diantara umat Islam tersebut yang paling baik amalnya, seperti dijelaskan dalam QS. 11 (Hud) : 7, dan dalam QS. 67 (Mulk) : 2.
Islam memotivasi umatnya untuk berkompetisi dalam kebaikan, memiliki etos kerja yang baik, yang menentukan nilai hidup di dunia dan konsekuensi di akhirat kelak. Demikian disebutkan dalam firman Allah dalam QS. 2 (Al-Baqarah) : 148. Hubungan etos kerja dengan eskatologi, balasan di akhirat, memberikan kestabilan (istiqamah) pada setiap pribadi akan mendapatkan hasil kebaikan terhadap setiap amal baik yang dilakukan, yang tidak bergantung pada kreativitas manusia.
Toto Tasmara mengatakan (Toto Tasmara, 2002 : 73), bahwa etos kerja muslim memiliki cirri-ciri sebagai berikut :
a.     Menghargai waktu
b.     Memiliki moralitas yang ikhlas
c.      Memiliki kejujuran
d.     Memiliki komitmen
e.     Istiqamah, kuat pendirian
f.       Disiplin
g.     Konsekuen dan berani menghadapi tantangan
h.     Memiliki sikap percaya diri
i.        Kreatif
j.       Bertanggung Jawab
k.     Bahagia karena melayani
l.        Memiliki harga dairi
m.  Memiliki jiwa kepemimpinan
n.     Berorientasi ke masa depan
o.     Hidup hemat dan efisien
p.     Memiliki jiwa wiraswasta
q.     Memiliki insting berkompetisi
r.      Mandiri
s.      Berkemampuan belajar dan mencari ilmu
t.       Memiliki semangat perantauan
u.     Memperhatikan kesehatan dan gizi
v.     Tangguh dan pantang menyerah
w.   Berorientasi pada produktivitas
x.      Memperkaya jaringan silaturahmi
y.     Memiliki semangat perubahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar