Rabu, 12 Oktober 2011



 IPTEK DAN PERADABAN

Teknologi adalah kemampuan teknik dalam pengertiannya yang utuh dan menyeluruh, bertopang kepada pengetahuan ilmu-ilmu alam yang bersandar kepada proses teknis tertentu. Sedangkan teknik adalah pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industry (bangunan, mesin, dsb). Istilah teknik, berasal dari bahasa Yunani teknikos, artinya dibuat dengan keahlian. Secara luas, semua manifestasi dalam arti materil yang lahir dari daya cipta manusia untuk membuat segala sesuatu yang bermanfaat guna mempertahankan kehidupan.
Dalam arti klasik, teknik adalah ilmu pengetahuan dalam pengertian luas, yang bertopang kepada ilmu-ilmu alam dan eksakta yang mewujudkan ilmu-ilmu : perencanaan, , konstruksi, pengamanan, utilitas, tepat guna, dan sebagainya dari semua bangunan teknik, sipil maupun militer. Teknik sipil seperti gedung, kereta api, jalan raya, jembatan-jembatan, saluran air, bendungan pelabuhan, lapangan terbang, jembatan, bangunan mesin, serta segala peralatan yang digunakan begi kepentingan manusia di darat, laut dan udara. Teknik militer seperti : konstruksi perbentengan, mesin-mesin untuk peperangan, bangunan pertahanan dan persenjataan serta peralatan peperangan. Kemudian timbul teknik mesin secara terpisah untuk merencanakan dan membuat mesin-mesin.
Pengertian teknik modern meliputi lapangan-lapangan aeronautika, pertanian, kimia, sipil, elektro, geologi, industry mesin-mesin, ilmu logam dan fisika. Teknik bahkan meliputi bidang industry, manajemen, perekonomian, kedokteran, pengobatan, fisika nuklir, kebudayaan, kesenian, politik, dan sosiologi (misalnya : social engineering).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar