Rabu, 12 Oktober 2011


INTEGRITAS IMAN, ILMU DAN AMAL

Dalam pandangan Islam, antara agama, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni terhadap hubungan yang harmonis yang terintegrasi ke dalam suatu sistem yang disebut Dinul Islam. Di dalamnya terkandung tiga unsur pokok, yaitu akidah, syari’ah dan akhlak. Dengan kata lain iman, ilmu dan amal salih. Islam merupakan ajaran agama yang sempurna. Kesempurnaannya dapat tergambar dalam keutuhan inti ajarannya. Ada tiga inti ajaran Islam yaitu iman, Islam dan Ikhsan. Ketiga inti ajaran itu terintegrasi di dalam sebuah sistem ajaran yang disebut Dinul Islam. Dinyatakan dalam QS. 14 (Ibrahim) : 24-25.

Ayat di atas menggambarkan keutuhan antara iman, Ilmu dan Amal atau Aqidah, Syari’ah dan Akhlak dengan menganalogikan bangunan Dinul Islam bagaikan sebatang pohon yang baik. Akarnya menghunjam ke bumi, batangnya menjulang tinggi ke langit, cabangnya atau dahannya rindang dan buahnya amat lebat. Ini merupakan gambaran bahwa antara iman, ilmu dan amal merupakan satu kesatuan yang utuh tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain. Iman diidentikkan dengan akar dari sebuah pohon yang menopang tegaknya ajaran Islam. Ilmu bagaikan batang pohon yang mengeluarkan dahan-dahan dan cabang-cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan amal ibarat buah dari pohon itu identik dengan teknologi dan seni. Iptek yang dikembangkan di atas nilai-nilai iman dan ilmu akan menghasilkan amal salih, bukan kerusakan alam.

1 komentar:

  1. Iman,islam,ikhsan,ikhsanur kamil,samdaniyah.Dengan ilmu Allah tunjukkan tanda buktiada-Nya,Semua dari Allah,oleh Allah,kembali Allah,Subhanallah

    BalasHapus